Jumat, 23 Januari 2015

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN PENCAPAIAN KKM TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA SMA NEGERI 1 METRO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2013/1014

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN PENCAPAIAN KKM   TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA SMA NEGERI 1 METRO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2013/1014
Sugiyono Universitas Muhammadiyah Metro Lampung
e-mail:sugiyono9921@yahoo.com
Abstrak,tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) pengaruh metode pembelajaran quantum terhadap hasil belajar biologi siswa, (2) pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan pencapaian KKM  terhadap hasil belajar biologi, (3) pengaruh  metode pembelajaran quantum terhadap hasil belajar biologi siswa yang mencapai KKM  tanpa remidi, (4) pengaruh pembelajaran konvensional  terhadap hasil belajar biologi siswa yang mencapai KKM dengan remidi. Penelitian  dilakukan dengan eksperimen, dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri I  Kota Metro Tahun Pelajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sratified random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis varian dua arah. Dari analisis data diperoleh bahwa, (1) penggunaan metode pembelajaran quantum memperoleh hasil belajar biologi yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional, (2) terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan pencapaian KKM terhadap hasil belajar biologi siswa, (3) siswa yang pencapaian KKM tanpa remidi yang pembelajarannya dengan metode quantum tidak menghasilkan hasil belajar yang lebih tinggi dari pada dengan metode konvensional, (4) siswa yang pencapaian KKM dengan  remidi yang pembelajarannya dengan metode quantum menghasilkan hasil belajar lebih tinggi dari pada dengan metode konvensional. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode quantum lebih tinggi dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Tetapi pada kelompok siswa yang pencapaian KKM tanpa remidi tidak menunjukkan hasil belajar biologi yang lebih tinggi.

Kata Kunci: metode pembelajaran , kriteria ketuntasan minimal, hasil belajar 

Foto Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan belajar dengan metode konvensional

Kegiatan belajar dengan metode konvensional

Kegiatan belajar dengan metode konvensional

Kegiatan belajar dengan metode konvensional

Kegiatan belajar dengan metode Quantum

Kegiatan belajar dengan metode Quantum

Kegiatan belajar dengan metode Quantum

Kegiatan belajar dengan metode Quantum

0 komentar:

Posting Komentar